Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Fulfillment: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Image: Freepik Berita 24 Gorontalo - Sudahkah Anda mengenal dan tahu apa itu fulfillment? Jangan mengaku sebagai pengusaha bisnis online j...

Image: Freepik


Berita 24 Gorontalo
- Sudahkah Anda mengenal dan tahu apa itu fulfillment? Jangan mengaku sebagai pengusaha bisnis online jika Anda belum mengenal fulfillment! Fulfillment adalah layanan yang akan membantu Anda dalam mengelola pesanan dari pelanggan. 

Bagi pengusaha online, terutama yang sering menerima banyak pesanan selama berbagai event tertentu, proses pemenuhan pesanan bisa menjadi tantangan tersendiri. Maka dari itu, layanan Fas fulfillment menjadi solusi yang sangat layak dipertimbangkan. 

Fulfillment: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Fulfillment dalam bahasa Indonesia berarti pemenuhan. Dalam pengelolaan bisnis, arti fulfillment adalah layanan yang mencakup berbagai proses pemenuhan pesanan kepada pelanggan, dengan produk yang terlebih dahulu disimpan sementara di gudang.

Proses fulfillment ini dimulai dari penerimaan pesanan hingga pengiriman produk sesuai permintaan ke alamat pelanggan. Konsep ini pertama kali muncul pada tahun 1997 dan dipelopori oleh Amazon, perusahaan e-commerce terkemuka di dunia.

Mungkin, istilah fulfillment masih cukup asing di sektor bisnis B2B (business to business) dan B2C (business to customer) di Indonesia. Meski begitu, layanan ini dapat menjadi solusi praktis dan ekonomis bagi pelaku usaha, terutama pengusaha online. 

Dengan menggunakan layanan fulfillment, Anda bisa menghemat biaya sewa gudang dan gaji karyawan untuk mengelola gudang. Jasa fulfillment menyediakan sumber daya manusia untuk menjalankan seluruh proses operasi back-office. 

Dengan adanya jasa ini, perusahaan atau pemilik bisnis dapat mengatasi fluktuasi musiman. Pasalnya, jasa fulfillment akan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mengatur semuanya. 
Hal ini memungkinkan bisnis berjalan lebih efektif, karena pemilik bisnis dapat fokus pada aspek strategis dan pengembangan bisnis. Selain itu, jasa fulfillment membantu perusahaan menghemat biaya, tenaga, dan pikiran dalam jangka panjang, menjadikannya solusi yang efisien dan praktis bagi berbagai jenis usaha.

Cara Kerja Fulfillment
Fulfillment bekerja dengan alur yang mencakup semua langkah, mulai dari penerimaan pesanan hingga pengiriman produk ke pelanggan. Berikut adalah alur atau cara kerja dari order fulfillment dalam bisnis:

1. Penerimaan Pesanan
Proses dimulai ketika pelanggan membuat pesanan melalui platform e-commerce atau media penjualan lainnya.

2. Pemrosesan Pesanan
Setelah pesanan diterima, sistem memverifikasi ketersediaan produk dan memproses pembayaran. Pesanan kemudian diteruskan ke gudang untuk persiapan pengiriman.

3. Pengambilan dan Pengemasan
Produk yang dipesan diambil dari stok di gudang. Selanjutnya, produk tersebut dikemas dengan baik untuk memastikan keselamatan selama pengiriman.

4. Pengiriman
Paket yang telah dikemas kemudian dikirimkan melalui jasa kurir atau logistik yang telah dipilih. Informasi pengiriman diberikan kepada konsumen untuk pelacakan.

5. Pengiriman dan Konfirmasi
Produk dikirimkan ke alamat pelanggan. Setelah penerimaan, pelanggan mungkin diminta untuk memberikan konfirmasi penerimaan dan ulasan mengenai produk atau layanan. Setelah produk diterima, layanan purna jual seperti dukungan pelanggan atau proses pengembalian/penukaran (jika diperlukan) juga menjadi bagian dari order fulfillment. 

Memahami dan mengelola setiap langkah dalam alur order fulfillment adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional bisnis. Mulai dari pemesanan hingga barang tiba di tangan konsumen. Jadi, untuk pengelolaan operasional bisnis Anda, percayakan layanan fulfillment FAS! 

FAS siap membantu Anda memaksimalkan pengelolaan pesanan dari berbagai platform e-commerce melalui dashboard yang terintegrasi dengan data inventaris secara real-time. Dengan FAS, operasional bisnis Anda menjadi lebih mudah dan efisien, menghemat biaya operasional yang signifikan. 

FAS juga menawarkan integrasi sistem dan aggregator secara gratis, memberikan visibilitas dan transparansi stok yang optimal. Ditambah dengan berbagai pilihan kurir dan pengiriman yang beragam, FAS memastikan proses fulfillment yang mudah, cepat, dan aman. Bergabunglah dengan FAS fulfillment sekarang!  



Reponsive Ads